Romansa Edisi 7

Menggali Keterampilan Bertanya Siswa Saat Pembelajaran Daring

Semangat pagi Sahabat Romansa.

Komunitas Koordinator Virtual Indonesia ( KKVI ) DIY kembali mempersembahkan seminar online RebO MerdekA SemiNar SeJogjA ( Romansa ). Pada edisi 7 ini mengambil tema Menggali Keterampilan Bertanya Siswa Saat Pembelajaran Daring, dengan narasumber andal, widyaiswara madya dari LPMP Jawa Timur. Beliau adalah Bapak Dr. Marjuki, M.Pd. Webinar ini dipandu oleh host seorang Kepala sekolah dari SD Balirejo Ibu Wahyu Hastini, M.Pd. dan Bapak Anjar Sugianto, S.Sn., M.Pd. dari SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta selaku moderator. Antusias peserta pun sangat tinggi, dilihat dari jumlah peserta sebanyak 250 yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Berikut beberqapa kompetensi yang mestinya dimiliki :

  1. Mampu merespon sebuah pemikiran yang diterima melibatkan kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematis.
  2. Mampu menyampaikan informasi dengan mudah dipahami ( dimengerti )
  3. Mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
  4. Mampu beradaptasi di berbagai budaya
  5. Mampu memunculkan gagasan baru atau hubungan baru antara gagasan yang sudah ada sebagai bentuk kemampuan berdayacipta
  6. Mampu melakukan aktivitas sebagai keterkaitan ruang dan waktu

Bagaimana guru bisa menyampaikan itu semua di era pembelajaran jarak jauh ini? Apakah kita sudah memberikan stimulus yang bisa memotivasi siswa atau peserta didik untuk mendapatkan kompetensi-kompetensi itu? Di sinilah kita harus mulai untuk instropeksi apa yang sudah kita sampaikan ke siswa kita. Baik aktivitas pembelajaran maupun pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Apa yang ingin kita ketahui, dan tujuan dari sebuah pertanyaan. Bukan sekadar basa-basi atau pertanyaan tanpa isi. Apa yang ingin kita dapatkan? Jawaban benar berupa pengetahuan atau proses berpikir. Seperti diketahui dalam taksonomi kognitif ada beberapa level yaitu ;

Level rendah  ( LOTS ) : Mengingat C1

Memahami C2

Level sedang ( MOTS ):   Menerapkan C3

Level tinggi ( HOTS ) :      Menganalisis C4

Mengevaluasi C5

Mengkreasi C6

Webinar berlangsung sangat interaktif. Narasumber mengajak peserta untuk bersama menganalisis dan berdiskusi tentang cara, dan bagaimana sebenarnya pertanyaan yang harus diberikan kepada peserta didik. Tak terasa dua jam beralangsung dari pukul 13.00 – 15.00 WIB pun dirasa masih kurang. Masih banyak tanya jawab baik secara langsung maupun via chat.

Termasuk pertanyaan apakah yang kita berikan?

  1. Pertanyaan produktif : pertanyaan yang mendorong siswa melakukan pengamatan, percobaan, penyelidikan
  2. Pertanyaan imajinatif : pertanyaan yang mendorong siswa untuk berimajinasi
  3. Pertanyaan terbuka : pertanyaan yang memiliki jawaban benar lebih dari satu

Semoga bermanfaat, tetap semangat para pendidik di seluruh negeri. Mari terus bergerak, belajar dan belajar untuk pendidikan yang lebih baik. Membuka diri dengan kemajuan teknologi, dan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Sampai bertemu kembali dengan Romansa edisi bulan depan, tentunya dengan tema-tema yang menarik.

Tidak hanya ilmu yang didapat dari webinar online Romansa ini , tetapi sertifikat pun dapat segera didapatkan. Jangan lewatkan bulan depan.

Related posts

2 Thoughts to “Romansa Edisi 7”

  1. Titin kusminarsih,S.pd

    Terima kasih atas terselenggaranya seminar kmrn ttg menggali keterampilan bertanya .ilmu yang luar biasa semoga bermanfaat. Terima kasih pak Marjuki yang beri sisi lain dalam menggali pertanyaan kesuswa yaitu menggali berfikir siswa bukan meniru jawaban guru saja.

  2. Pendalaman materi lebih dari sekali lanjut ke praktek dengan mengungkapkan masalah yang di dihadapi/dialami di depan siswa

Leave a Comment